Mendikbud Nadiem Makarim resmi merubah format Ujian Nasional
Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim resmi merubah format Ujian Nasional (UN) semua jenjang dalam rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan hari ini, Rabu 11 Desember 2019.
Mendikbud Nadiem Makarim saat rapat koordinasi
Liputan6


Pada rapat tersebut Nadiem menjelasakan bahwan UN 2020 akan menjadi yang ujian terakhir dengan format lama. "Jadi 2020, bagi orang tua yang sudah mengingikan anaknya belajar mendapat angka terbaik di UN itu, ya silahkan lanjut untuk 2020," katanya.

Lebih lanjut pendiri Gojek ini menjelaskan format ujian nasional yang baru berlaku pad tahun 2021 mendatang. "Di tahun 2021 (tahun ajaran 2020/2021), Ujian Nasional (UN) akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter," terang Nadiem.

Menurut Nadiem format ujian nasional saat ini terlalu membebani siswa, guru, dan juga orang tua yang menjadi indikator keberhasilan siswa secara individu, padahal tujuan tersebut bukan begitu.

"Maksudnya ujian berstandar nasional yaitu untuk mengakses sistem pendidikan baik sekolah, geografis, dan sistem penduduknya secara nasional," tukas Nadiem.
Lebih baru Lebih lama