Apa itu Limbah B3 dan Jenisnya
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Apa itu Limbah B3 dan Jenisnya

Ois Chanel
Kamis, 03 Oktober 2019

Apa itu Limbah B3?


Ada bertanya pada Balbol tentang Ap itu Limbah B3 pada hari ini, maka kami jawaba. Limbah B3 adalah limbah yang mengandung zat beracun dan berbahaya yang dihasilkan dari produksi industri (pabrik) atau rumah tangga yang bisa merusak dan mencemarkan lingkungan hidup (merusak lingkungan, membahayakan kesehatan manusia, dan mengancam kelangsungan mahluk hidup). dengan adanya limbah tersebut perlu dilakukan penanganan dengan mengukur tingkat bahaya racun yang terdapat pada limbah atau sesuai jenis dan karakteristik limbah itu sendiri.

Bahan-bahan dikategorikan limbah B3 apabila mudah meledak, bersifat aktif, beracun, mudah terbakar, bersifat korosif, mudah menyela, infeksius atau menyebabkan infeksi dan lain lain berdasarkan PP No. 101 Tahun 2014 tentang 'Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun' Pasal 5 sesuai Karakteristik limbah B3.

Jenis - jenis Limbah B3


Primary sludge adalah limbah yang berasal dari tangki sedimentasi pada pemisahan awal dan mengandung biomassa senyawa organik yang mudah menguap dan stabil.

Chemical sludge adalah limbah yang dihasilkan oleh proses koagulasi atau akumulasi partikel koloid yang dihasilkan oleh zat kimia dan flokulasi atau oleh hasil proses aglomerasi (agregasi) dari partikel yang tidak stabil.

Excess activated sludge adalah limbah yang berasal dari pekerjaan dengan lumpur aktif untuk mengandung padatan organik dalam bentuk lumpur proses.

Digested sludge adalah limbah yang berasal dari pengolahan biologis dengan pencernaan aerob atau anaerob, di mana padatan / lumpur yang dihasilkan cukup stabil dan mengandung banyak padatan organik.

Cukup disini dulu penjelasan apa itu limbah b3, dan untuk penjelasanya selanjutnya kami akan update kembali setelah waktu dan tenaga masih memungkinkan.