Ads 720 x 90

Tokopedia

sumber : toko pedia
Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang memiliki misi untuk mencapai kesetaraan ekonomi digital. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah berubah menjadi unicorn yang memiliki pengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Tokopedia memiliki pasar komersial terkemuka di Indonesia yang memungkinkan individu, toko kecil dan merek untuk membuka dan mengelola toko online. Hingga saat ini, Tokopedia telah menjadi pasar yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak diluncurkan, layanan Tokopedia dasar dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja.

Dengan visi "membangun ekosistem di mana setiap orang dapat memulai dan menemukan sesuatu", Tokopedia telah memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk bergabung dengan masa depan ekonomi. Tokopedia terus mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan orang-orang untuk mengembangkan bisnis mereka dengan menjual produk secara online.

Upaya ini juga dapat dilihat dengan berbagai program yang dibuat dan dimulai oleh Tokopedia bekerja sama dengan pemerintah dan pihak lain. Salah satu program kolaboratif yang diluncurkan oleh Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang telah diadakan sejak Maret 2018. Acara yang diadakan di berbagai kota di Indonesia ini adalah ajang untuk perayaan kreasi lokal yang bertujuan menuju mendorong pertumbuhan industri kreatif dalam negeri.

Pada 2018, Tokopedia juga menghadirkan Pusat Tokopedia. Pusat pengalaman ini diluncurkan di beberapa kota di Indonesia, dua di antaranya adalah Boyolali dan Padang. Melalui Tokopedia Center, pengunjung dapat melakukan transaksi online untuk offline (O2O), membayar faktur, membeli tiket, mendapatkan informasi tentang cara menggunakan aplikasi Tokopedia, membeli secara interaktif, dan bahkan menemukan inspirasi untuk memulai aktivitas online secara gratis.

Tokopedia memudahkan semua orang Indonesia dari Sabang hingga Merauke untuk memenuhi kebutuhan mereka. [9] Selain perannya sebagai pasar pertama untuk menerapkan sistem deposito atau rekening bersama di Indonesia, Tokopedia juga menjadi perusahaan teknologi pertama di Indonesia yang memperkenalkan pengiriman instan melalui kemitraan dengan perusahaan transportasi online. Ini memungkinkan konsumen mendapatkan barang dengan cepat.

Sejarah


Tokopedia secara resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah kepemimpinan PT Tokopedia, yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak diluncurkan secara resmi, PT Tokopedia telah menjadi salah satu perusahaan Internet Indonesia yang berkembang pesat.

PT Tokopedia menerima dana awal dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia menerima suntikan dana lagi dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010) , Cyber ​​Agent Ventures (2011)  , Netprice (2012)  dan SoftBank Ventures Korea (2013). Pada Oktober 2014, Tokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi $ 100 juta atau sekitar. Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc. (SIMI). Pada bulan April 2016, Tokopedia dilaporkan menerima investasi $ 147 juta atau sekitar. 1,9 triliun Rp.

Pada bulan Agustus 2017, Tokopedia menerima investasi $ 1,1 miliar dari Alibaba. Dilaporkan bahwa keputusan ini dibuat agar Alibaba dapat memperluas jaringannya di Indonesia dan Asia Tenggara setelah sebelumnya membeli saham Lazada.

Berkat perannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, Tokopedia memenangkan penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-commerce selama acara Markplus Conference 2015 yang diadakan oleh Markplus Inc. pada 11 Desember 2014 . Pada 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai bisnis konsumen terbaik di Indonesia Digital Economy Award 2016.

Pada tahun 2018, Tokopedia telah memenangkan beberapa penghargaan lagi. Mei lalu tahun lalu, aplikasi Tokopedia melewati Apple Store, mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Di Android, Tokopedia juga berhasil menduduki peringkat ke-3 di Google Play, mengalahkan Facebook dan Instagram . Pada Desember 2018, Tokopedia terpilih sebagai aplikasi seleksi komunitas terbaik di Google Play.

Teknologi


Versi asli Tokopedia, dibangun pada 2009, menggunakan bahasa pemrograman Perl, database Oracle, dan server web Apache dengan mod_perl. Seiring waktu, sekitar tahun 2015, Tokopedia telah mengganti mesin basis datanya dengan PostgreSQL. Selain mengubah server database, server web Tokopedia kemudian diganti dengan Nginx.

Pada tahun 2015, Tokopedia mengubah arsitektur beranda dari sebelumnya monolitik menjadi layanan mikro. Pemilihan bahasa program juga telah berubah, meskipun tidak 100%, beberapa sistem Tokopedia telah dibuat menggunakan bahasa program Go.

Tokopedia juga menggunakan beberapa layanan berbasis cloud, misalnya: S3 (untuk pengarsipan) dan Cloudsearch, keduanya dari Amazon Web Services.

Jenis Bisnis


Sebagai perusahaan teknologi, Tokopedia mempersembahkan empat perusahaan besar kepada penggunanya. Bisnis Tokopedia yang pertama serta bisnis yang paling terkenal adalah pasar. Tokopedia menawarkan lobi komersial C2C gratis untuk penjual dan pembeli. Ada juga toko-toko resmi untuk beberapa merek resmi terbesar.

Tokopedia juga menyediakan produk digital seperti kredit, pembayaran BPJS, listrik dan air, tagihan telepon, kartu kredit, langganan TV dan sebagainya. Ada juga tiket pesawat, tiket kereta api, acara, voucher video game, dan produk digital lainnya.

Pada 2016, Tokopedia diperluas dengan memperkenalkan produk-produk teknologi keuangan. Produk fintech Tokopedia terdiri dari dompet digital, investasi praktis, pinjaman modal, kartu kredit virtual, produk keamanan, peringkat kredit berdasarkan data pinjaman, investasi, dan produk layanan keuangan lainnya.

Baru-baru ini, pada tahun 2018, Tokopedia mempresentasikan aplikasi ke mitra Tokopedia. Aplikasi 1 MB ini dimaksudkan untuk memungkinkan semua orang, terutama pemilik toko dan usaha kecil, untuk menjual produk Tokopedia digital seperti paket data, token listrik, BPJS, voucher game, dan sebagainya.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter