Ads 720 x 90

Smartphone

Smartphone atau telepon pintar adalah ponsel yang memiliki kemampuan untuk digunakan dan fungsi yang terlihat seperti komputer. Tidak ada standar pabrik yang menentukan arti smartphone. Bagi sebagian orang, smartphone adalah ponsel yang berfungsi menggunakan semua perangkat lunak sistem operasi yang memberikan laporan standar dan dasar kepada pengembang aplikasi. Bagi yang lain, smartphone hanyalah ponsel yang menawarkan fitur-fitur canggih seperti email, internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book), atau ada keyboard (baik yang jadi maupun terhubung) dan konektor VGA. Dengan kata lain, smartphone adalah komputer kecil yang memiliki kemampuan telepon.

Sejarah

Smartphone pertama disebut Simon; dirancang oleh IBM pada tahun 1992 dan dipamerkan sebagai produk konsep tahun itu di COMDEX, sebuah pameran komputer di Las Vegas, Nevada. Smartphone ini dipasarkan ke publik pada tahun 1993 dan dijual oleh BellSouth. Tidak hanya ponsel, smartphone ini juga memiliki kalender, buku alamat, jam dunia, catatan, email, kemampuan untuk mengirim dan menerima faks dan permainan. Ponsel canggih ini tidak memiliki tombol. Pengguna sebagai gantinya menggunakan layar sentuh untuk memilih nomor telepon dengan jari mereka atau untuk mengirim faks dan pengingat dengan kontol. Teks dimasukkan dengan keyboard "prediksi" tunggal di layar. Dengan standar saat ini, Simon adalah produk tingkat rendah, tetapi fitur-fiturnya pada saat itu sangat canggih.

Nokia Communicator adalah smartphone Nokia pertama, dimulai dengan Nokia 9000, pada tahun 1996. Smartphone ini, yang terlihat seperti laptop tunggal, adalah hasil perpaduan yang sukses dan mahal dari model PDA yang dibuat oleh Hewlett Packard dan ponsel Nokia Nokia terbaik. dijual pada saat itu. Nokia 9210 adalah komunikator berlayar warna pertama dan juga smartphone nyata yang menggunakan sistem operasi. Communicator 9500 telah menjadi komunikator pertama dengan camcorder dan WiFi. Communicator 9300 telah berubah dalam bentuk yang lebih kecil dan komunikator E90 terbaru termasuk GPS. Meskipun Nokia 9210 dapat dianggap sebagai smartphone nyata pertama dengan sistem operasi, Nokia masih menyebutnya sebagai komunikator.

Ericsson R380 pernah dijual sebagai "smartphone" tetapi tidak dapat menjalankan aplikasi pihak ketiga.

Pada Oktober 2001, Handspring merilis smartphone Palm OS Treo, dengan keyboard lengkap yang dikombinasikan dengan roaming jaringan nirkabel, email, kalender, dan daftar aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh atau disinkronkan dengan komputer.

Pada tahun 2002, RIM merilis BlackBerry pertama, smartphone pertama dengan penggunaan email nirkabel yang optimal, mencapai 8 juta pengguna (hingga Juni 2007), tiga perempat pengguna berada di Amerika Selatan.

Handspring menghadirkan smartphone populer di pasar AS dengan bergabung dengan Visor PDA berbasis Palm OS dengan jaringan telepon GSM, VisorPhone. Pada tahun 2002, Handspring menjual smartphone terintegrasi bernama Treo; perusahaan itu runtuh karena penjualan PDA mulai padam, tetapi smartphone Treo dengan cepat menjadi populer sebagai telepon yang mendukung PDA. Pada tahun yang sama, Microsoft mengumumkan bahwa komputer saku dengan sistem operasi Windows CE disebut "Smartphone Windows Windows 2002".

Pada tahun 2005, Nokia merilis smartphone seri 3G Nokia yang tidak dijual sebagai ponsel tetapi sebagai komputer multimedia.

Android, sistem operasi smartphone yang dirilis pada tahun 2008. Android didukung oleh Google, bersama dengan pengusaha perangkat keras dan perangkat lunak terkemuka lainnya seperti Intel, HTC, ARM, Motorola dan eBay, yang kemudian membentuk Open Handset Alliance.

Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream, merek T-Mobile sebagai G1. Ponsel berfitur lengkap, layar sentuh, keyboard QWERTY dan trackball browser web.Perangkat lunak ini kompatibel dengan aplikasi Google seperti Peta, Kalender dan Gmail, serta Google Chrome Lite. Aplikasi pihak ketiga juga tersedia melalui Android Market, ada yang gratis atau berbayar.

Pada Juli 2008, Apple memberi App Store aplikasi gratis dan gratis. App Store mampu menghadirkan aplikasi ponsel cerdas yang dikembangkan oleh pihak ketiga langsung dari iPhone atau iPod Touch dengan WiFi atau jaringan seluler tanpa menggunakan komputer untuk mengunduh. App Store sukses bagi Apple, dan pada Juni 2009, lebih dari 50.000 aplikasi tersedia. App Store telah melampaui satu juta unduhan aplikasi pada 23 April 2009.

Mengikuti popularitas Apple App Store, banyak yang telah membuat toko aplikasi mereka sendiri. Palm, Microsoft dan Nokia telah mengumumkan toko aplikasi serupa dengan Apple. RIM juga baru-baru ini membuat toko aplikasi, BlackBerry App World.

Perkiraan perkembangan di masa depan

Smartphone OLED yang dapat dilipat telah berkembang selama bertahun-tahun, tetapi belum terealisasi karena tingkat kesalahan yang relatif tinggi selama produksi layar ini. Membuat baterai yang bisa ditekuk adalah kendala lain.

Salah satu fitur utama smartphone adalah layar. Layar mengisi beberapa wajah depan perangkat (sekitar 70%), tetapi dengan smartphone terbaru seperti Galaxy S8 dan iPhone X, sebagian besar ruang yang tersedia di bagian depan didedikasikan untuk gaya yang disebut "edge". Banyak monitor memiliki format 16: 9, ada juga 4: 3 atau rasio lainnya. Mereka diukur dalam inci diagonal, mulai dari 2,45 inci. Monitor dengan layar lebih besar dari 5,2 inci sering disebut "phablets". Smartphone dengan layar lebih besar dari 4,5 inci umumnya sulit digunakan dengan satu tangan, karena sebagian besar ibu jari tidak dapat mencapai seluruh permukaan layar; mereka mungkin perlu digerakkan di tangan, dipegang di satu tangan dan dimanipulasi oleh tangan lain atau digunakan dalam posisi dengan kedua tangan. Layar kristal adalah yang paling umum; Yang lainnya adalah layar IPS, LED, OLED, AMOLED dan E Ink. Pada tahun 2010, layar Braille dikembangkan yang dapat digunakan oleh orang buta. Diharapkan bahwa tampilan Braille menggunakan berbagai jenis teknologi mikrofluida. Selain itu, beberapa display terintegrasi dengan digitizers yang peka terhadap tekanan, seperti yang dikembangkan oleh Wacom dan Samsung. Model Wacom memungkinkan pengguna untuk memiliki ketepatan yang lebih besar selama menggambar. Dari iPhone 6S, Apple telah merilis sensitivitas sentuhan untuk ponselnya yang disebut 3D Touch. Apple 3D touch secara unik menggunakan digitizer yang memungkinkan pengguna untuk melihat menu dan pengaturan tambahan dengan menyorot ikon tertentu.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter