Ads 720 x 90

Samsung

Samsung
sumber : wikipedia
 
Samsung Group adalah salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan beroperasi di 58 negara dan mempekerjakan lebih dari 208.000 pekerja. Hingga saat ini, Samsung juga telah menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan merilis smartphone yang telah menjadi master pasar gadget yang kompetitif. Samsung adalah salah satu konglomerat Korea Selatan (chaebol) terbesar, dimulai sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan berkembang pesat ke bidang lain.

Samsung saat ini beroperasi di 6 area bisnis, yaitu telekomunikasi (ponsel dan jaringan), peralatan digital (termasuk mesin cuci, microwave, lemari es, VHS dan pemutar DVD, dll.), Media digital, LCD, semikonduktor, dan kendaraan bermotor (termasuk. alat berat). Samsung memiliki pengaruh besar pada perkembangan ekonomi, politik, media dan budaya Korea Selatan dan merupakan pendorong utama fenomena "Miracle on the Han River". Afiliasi Samsung menghasilkan kira-kira. seperlima dari total ekspor Korea Selatan, pendapatan Samsung adalah 17% dari PDB Korea Selatan, yaitu $ 1,082 miliar.

Sejarah


Sejarah Samsung dimulai pada tahun 1938 ketika Lee Byung-Chull (1910-1987) dari keluarga besar pemilik tanah di daerah Uiryeong tiba di Kota Daegu dan mendirikan Samsung Sanghoe, sebuah perusahaan komersial kecil dengan empat puluh karyawan yang berbasis di Selatan (sekarang Ingyo-dong). Perusahaan Lee pindah dan memindahkan kantor pusatnya ke Seoul pada tahun 1947. Ketika Perang Korea pecah, Lee terpaksa meninggalkan Seoul dan mulai memperbaiki gula di Busan dengan nama Cheil Jedang. Setelah perang, pada tahun 1954, Lee mendirikan Cheil Mojik dan membangun sebuah pabrik di Chimsan-dong, Daegu sebagai pabrik wol.

Lee berusaha untuk menjadikan Samsung sebagai pemimpin industri di berbagai sektor seperti asuransi, sekuritas, dan ritel. Pada akhir 1960-an, kelompok Samsung mulai berkembang di industri elektronik, membentuk departemen elektronik seperti perangkat Samsung Electronics Co., Samsung Electro-Mechanics Co., Samsung Corning Co. dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co., dan membangun struktur di Suwon. Produk pertama adalah televisi hitam putih. Pada 1980, Perusahaan Samsung Hanguk membeli Jeonja Tongsin di Gumi dan mulai membangun peralatan telekomunikasi. Produk aslinya adalah tablet. Fasilitas ini telah menjadi sistem produksi faks dan telepon dan merupakan pusat produksi untuk ponsel Samsung. Mereka telah menghasilkan lebih dari 800 juta ponsel. Perusahaan mereka dirakit di bawah Samsung Electronics Co., Ltd. pada 1980-an.

Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, Samsung Electronics berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, investasi besar dalam memimpin perusahaan di garis depan industri elektronik global. Pada tahun 1982 Samsung membangun pabrik perakitan TV di Portugal, pada tahun 1984 Samsung membangun pabrik di New York, pada tahun 1985 Samsung membangun pabrik di Tokyo, pada tahun 1987 Samsung membangun pabrik di Inggris dan fasilitas lainnya di Austin pada tahun 1996. Secara total, Samsung berinvestasi 5,6 miliar Dolar di Austin - sejauh ini merupakan investasi asing terbesar di Texas dan salah satu investasi asing tunggal terbesar di Amerika Serikat. Investasi baru Samsung di Austin berjumlah lebih dari $ 9 miliar.

Samsung mulai tumbuh sebagai perusahaan internasional pada 1990-an. Perusahaan konstruksi Samsung telah diberikan kontrak untuk membangun satu dari dua menara Petronas di Malaysia, Taipei 101 di Taiwan dan Khalifa Burj di Uni Emirat Arab. Pada tahun 1993, Lee Kun-hee menjual sepuluh cabang Grup Samsung, mengurangi perusahaan dan operasi lainnya datang bersama untuk fokus pada tiga sektor: elektronik, teknik dan kimia. Pada tahun 1996, kelompok Samsung membeli kembali pendirian Universitas Sungkyunkwan.

Dibandingkan dengan perusahaan besar Korea lainnya, Samsung selamat dari krisis keuangan Asia tahun 1997, yang memiliki efek yang relatif kecil. Namun, Samsung Motor dijual ke Renault karena kerugian yang signifikan. Pada 2010, saham Renault Samsung memiliki 80,1% saham Renault dan 19,9% saham Samsung. Selanjutnya, Samsung telah memproduksi berbagai pesawat sejak 1990-an. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 sebagai Korea Aerospace Industries (KAI), hasil penggabungan tiga departemen penerbangan nasional utama Samsung Aerospace, Daewoo Heavy Industries dan Hyundai Space and Aircraft Company.

Samsung menjadi produsen kapal memori terbesar di dunia pada tahun 1992 dan pembuat chip kedua setelah Intel. Sepuluh tahun kemudian, Samsung telah berkembang menjadi produsen panel layar kristal cair terbesar di dunia. Pada tahun 2006, S-LCD didirikan sebagai perusahaan patungan antara Samsung dan Sony untuk menyediakan pasokan panel LCD yang stabil dan mengendalikan pabrik dan membangun fasilitas di Tangjung, Korea Selatan.

Samsung Electronics telah melampaui Sony sebagai salah satu merek paling populer di dunia elektronik konsumen pada tahun 2004 dan 2005 dan sekarang berada di peringkat ke-19 di dunia secara keseluruhan. Samsung telah menjadi perusahaan terbesar kedua setelah Nokia dengan produsen ponsel di seluruh dunia, khususnya pangsa pasar terkemuka di Amerika Utara dan Eropa Barat.

Keberhasilan Samsung sebagai penyedia teknologi terus tumbuh pada 1980-an ketika Samsung Electronics bergabung dengan Samsung Semiconductors and Telecommunications. Dengan cara ini, itu membuka jalan untuk terus menjadi kuat di pasar internasional dengan produk teknologi tinggi yang akan menjadi pilar setiap rumah. Tren ini berlanjut selama dekade berikutnya karena Samsung terus melampaui batasannya dan merestrukturisasi rencana bisnis untuk beradaptasi dengan kancah global. Mengadopsi bentuk manajemen baru terbukti menjadi langkah bijak bagi perusahaan sebagai produk mereka saat ini pada daftar must-have di berbagai bidang mereka. TV LCD, tabung gambar, printer Samsung dan produk akuisisi berteknologi tinggi lainnya menjadi terkenal karena kualitasnya yang tinggi. Ketika Samsung masuk ke industri LCD pada tahun 1993, itu menjadi yang terbaik di dunia.

Ini adalah metode kontrol kualitas yang sangat baik yang membuatnya efektif untuk hanya memberikan produk terbaik ke dunia. Ini menggunakan sistem "Stop Line" di mana semua orang dapat mengganggu proses produksi jika produk buruk.

Untuk saat ini, Samsung terus mempertahankan statusnya sebagai operator teknologi "terbaik" di dunia. Tenaga kerja yang sangat terampil masih berkomitmen untuk yang terbaik di sektor masing-masing, membuat seluruh perusahaan sukses besar dalam produksi. Rahasia kesuksesan perusahaan yang berkelanjutan dalam meningkatkan struktur manajemennya secara terus-menerus dan menerapkan filosofi: "Kami akan mendedikasikan sumber daya manusia dan teknologi untuk menciptakan produk dan layanan dan dengan demikian berkontribusi pada komunitas global yang lebih baik".

Nama


Menurut pendiri Samsung Group, makna dari kata Korea hanja Samsung adalah "tiga bintang". "Tiga" menggambarkan hal-hal yang "hebat, banyak, dan kuat," dan "bintang" berarti keabadian.

Anak perusahaan


  • Samsung Electronics Co. Ltd
  • Samsung Motors Co. Ltd (Renault Samsung Motors bekerja sama dengan Renault)
  • Samsung Bank Co. Ltd
  • Samsung Insurance Co. Ltd
  • Samsung Heavy Industries Co. Ltd

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter