Ads 720 x 90

Perangkat Lunak

Perangkat Lunak
sumber : pixabay

Perangkat lunak atau perangkat lunak adalah istilah khusus untuk data yang disimpan dan diformat secara digital, termasuk program komputer, dokumentasi, dan berbagai informasi yang dapat dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian dari sistem informasi yang tidak material. Istilah ini menyoroti perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Membuat perangkat lunak itu sendiri membutuhkan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh seorang programmer dan kemudian dikompilasi dengan aplikasi kompilasi sehingga menjadi kode yang dapat dikenali oleh mesin perangkat keras. Perangkat lunak seperti Windows atau Linux dapat disebut masa pakai komputer, di mana tanpa sistem operasi yang diinstal tidak mungkin menjalankan komputer. Perangkat lunak sistem operasi biasanya disimpan pada partisi C, sehingga ketika komputer mengalami masalah, partisi C akan menderita. Perangkat lunak lain juga disimpan dalam partisi C, yang, jika komponen tidak lagi berfungsi secara optimal, dapat dihapus dan diinstal ulang. Data lain lebih baik disimpan di partisi D, jadi ketika perangkat lunak terinfeksi virus atau tidak berjalan normal, dapat diinstal ulang dan data penting dapat disimpan.

Berikut adalah beberapa contoh jenis perangkat lunak, yaitu:


  • Perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata, tabel aritmatika, pemutar media, dan paket aplikasi kantor seperti OpenOffice.org.
  • Sistem operasi (sistem operasi) seperti Linux dan Windows.
  • Alat pengembangan perangkat lunak seperti kompiler untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti bahasa pemrograman Pascal dan tingkat rendah atau bahasa secara keseluruhan.
  • Pengontrol perangkat keras (driver perangkat) adalah koneksi antara perangkat pendukung perangkat keras dan komputer adalah perangkat lunak yang banyak digunakan di supermarket dan bahkan di sekolah-sekolah, yaitu. penggunaan pemindai barcode dalam aplikasi basis data lainnya. Kesalahan kutipan: tag <ref> tidak valid;

Nama tidak valid; misalnya, terlalu banyak

  • Firmware / firmware (firmware) seperti yang dipasang di jam digital dan kontrol jarak jauh.
  • Perangkat lunak bebas (perangkat lunak gratis gratis) dan perangkat lunak sumber terbuka (perangkat lunak sumber terbuka)
  • Perangkat lunak bebas (freeware)
  • Perangkat lunak percobaan (program shareware / percobaan)
  • Malware (malware)

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter