Ads 720 x 90

Nokia

Nokia
sumber : pngdownload
Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia dan merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Berkantor pusat di Espoo, Finlandia, perusahaan ini terkenal dengan produk ponselnya. Nokia memproduksi ponsel untuk semua pasar dan protokol utama, termasuk GSM, CDMA dan W-CDMA (UMTS). Saat ini, lisensi komersial untuk ponsel pintar dan ponsel dengan merek Nokia dimiliki oleh HMD Global bersama dengan FIH Mobile (anak perusahaan dari Foxconn) dari Desember 2016 hingga 2026. HMD Global bertanggung jawab sebagai pengembang, sedangkan FIH Mobile bertanggung jawab untuk produksi.

Sejarah


Kata Nokia berasal dari nama komunitas yang tinggal di Sungai Emakoski di Finlandia selatan. Nokia didirikan sebagai produsen selulosa oleh Fredrik Idestam pada tahun 1865. Pada awal abad ke-20, perusahaan karet Finlandia mendirikan pabrik di daerah sekitarnya dan mulai menggunakan merek Nokia.

Tak lama setelah Perang Dunia I berakhir, perusahaan karet Finlandia mengakuisisi Nokia Wood Milling Company dan perusahaan kabel Finlandia (produsen kabel telepon dan telegraf). Ketiga perusahaan tersebut bergabung dengan Nokia Corporation pada tahun 1967. Kemudian dikembangkan menjadi produsen pulp dan kertas pada tahun 1920 dan merupakan pabrik produksi kertas terkemuka di Eropa.

Pada tahun 1950-an, CEO (CEO) Björn Westerlund meramalkan bahwa pertumbuhan di masa depan di beberapa sektor pulp dan kertas akan terbatas, dan sebagai gantinya cabang elektronik akan dibangun di pabrik kabel di Helsinki, dari mana pendahulu harus mulai mengarah ke sektor seluler. Selama 15 tahun, Nokia Electronics telah mengalami masa percobaan dengan berbagai kesalahan. Namun, dari semua kesalahan dan percobaan, ia secara bertahap mengembangkan keterampilan yang cukup besar dari sekelompok ahli yang berbakat. Pada 1970-an, Nokia dan pembuat TV Salora bekerja sama untuk mengembangkan ponsel.

Pada tahun 80-an, seluruh Salora diintegrasikan ke dalam Nokia. Pada saat yang sama, Nokia memperoleh jaringan telepon dari Perusahaan Telekomunikasi Pemerintah Televa. Namun, tidak semua upaya Nokia untuk menjadi produsen ponsel terkemuka di dunia telah berhasil. Pada 1980-an, perusahaan membeli pabrik TV Jerman, SEL, tetapi terpaksa pergi karena tidak berjalan baik.

Pada awal 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk yang disebut Nordic Mobile Telephony (NMT). NMT adalah jaringan seluler multinasional pertama di dunia. Oleh karena itu, pada 1980-an, NMT diperkenalkan di banyak negara dan menerima sambutan yang luar biasa.

Pada awal 1990-an, Nokia mengalami krisis, tetapi CEO barunya, Jorma Ollila, memutuskan untuk fokus pada ponsel dan jaringan telepon. Akibatnya, ponsel GSM pertama kali muncul di dunia di Finlandia pada 1991. Kemudian, pasar ponsel global mulai berkembang sangat pesat pada pertengahan 1990-an, dan produk Nokia menjadi nomor satu.

Sekarang sebanyak 2.100 set ponsel Nokia berhasil. Target penjualan 500.000 unit tercapai pada tahun 1994. Dengan tenaga kerja 54.000 orang, produk Nokia dijual di 130 negara. Sekarang, mungkin semua orang tahu bahwa ponsel yang mudah digunakan adalah Nokia karena itu adalah moto Nokia.

Finlandia telah lama bergantung pada hasil hutannya dalam bentuk kayu, seperti dikatakan oleh salah seorang menteri luar negeri Finlandia, Jyrki Vesikansa, "Kami hidup dari hutan, tetapi sekarang kami dapat menambahkan Nokia".

Pada 15 Agustus 2007, Nokia Center mengingat baterai BL-5C, salah satu baterai paling populer untuk ponsel Nokia saat itu.

Pada 3 September 2013, Microsoft membeli unit bisnis dan layanan bisnis Nokia seharga € 3,79 miliar ($ 5 miliar) dan € 1,65 miliar ($ 2,2 miliar) untuk lisensi paten Nokia. Jika digabungkan, Microsoft harus mengeluarkan 5,44 miliar euro ($ 7,2 miliar atau sekitar Rp 79 miliar) untuk merencanakan akuisisi bisnis terpenting Nokia.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter