Ads 720 x 90

Lenovo

Lenovo
sumber : underconsideration
Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal sebagai Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Pada tahun 2004, Lenovo adalah produsen PC kedelapan terbesar di dunia.

Lenovo juga menjual server, laptop, perangkat pencitraan dan ponsel. Selain itu, Lenovo juga menyediakan layanan integrasi dan dukungan TI. Unit QDI menawarkan produksi kontraktual.

Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan niatnya untuk mengambil alih divisi PC IBM, sebuah perusahaan AS yang memonopoli pasar PC. Akuisisi ini seharusnya memungkinkan Lenovo untuk memperluas sayapnya di Barat untuk menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia.

Pada 1 Mei 2005, Lenovo secara resmi mengambil alih divisi PC IBM.

Sejarah


Lenovo adalah perusahaan komputer yang terkenal. Perusahaan ini bahkan dianggap sebagai produsen terbesar di Cina. Pada 2013, perusahaan itu bahkan dianggap sebagai produsen komputer terbesar di dunia. Perusahaan yang berbasis di Beijing ini awalnya adalah perusahaan kecil. Jadi bagaimana Lenovo bisa sebesar sekarang? Untuk mengetahuinya, lihat kisah Lenovo. Sejauh ini memiliki nama besar. Tak ketinggalan, kisah sukses Lenovo juga akan diakuisisi oleh perusahaan besar. Berikut ini lengkap.

Untuk menemukan sejarah Lenovo, pertama-tama harus melihat ketika perusahaan tidak disebut Lenovo. Itu benar, pada awalnya Lenovo bukan nama depan. Perusahaan komputer ini dulunya bernama Legend (dalam bahasa Cina, Lianxiang). Perusahaan ini didirikan pada 1984 oleh Liu Chuanzi bersama sepuluh orang lainnya. Menariknya, ketika didirikan, perusahaan ini hanya memiliki modal kecil. Legenda itu juga unik ketika dia berada di ruang penjaga keamanan.

Legend Company awalnya memulai bisnis TI secara perlahan. Jadi seiring berjalannya waktu, perusahaan ini semakin terkenal di Cina. Perusahaan Legenda telah berkembang. Bisnis ini semakin berkembang ketika negara China mulai bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO. Dan pada 2004, Liu Chuanzi mengubah nama perusahaan ini menjadi Lenovo. Pergantian nama juga merupakan kekayaannya. Dapat dikatakan bahwa tahun 2004 adalah tonggak di mata internasional Lenovo. Ini karena pada tahun itu Lenovo berhasil ditempatkan di posisi kedelapan sebagai produsen PC terbesar di dunia.

IBM diakuisisi


Tahun berikutnya, sejarah Lenovo menjadi sorotan. Perusahaan ini kemudian menjadi pidato internasional setelah berhasil mengakuisisi IBM Computer Division, perusahaan terkemuka di Amerika. Dengan penggabungan perangkat PC IBM di bawah Lenovo untuk menjadikan perusahaan ini semakin terkenal, Lenovo telah mulai menyuarakan nama beberapa produsen server terbaik, laptop, perangkat imaging, dan ponsel. Perusahaan ini juga bertujuan dikenal sebagai produsen PC terbesar. Pembentukan markas kedua perusahaan ini, Amerika, membuat komunitas ini semakin terbuka.

Selama periode 2005-2009, Lenovo mengalami periode yang cukup positif. Akuisisi dengan IBM berdampak pada pertumbuhan sektor penjualan komputer. Khusus untuk produk Lenovo Thinkpad, laptop kasar buatan Lenovo dan IBM. Lenovo juga memiliki penjualan yang cukup baik untuk sektor lain.

CEO-shift


Februari 2009, mungkin awal sejarah Lenovo agak suram. Perusahaan ini telah mengalami fase yang sulit karena persaingan IT yang kuat saat ini. Perkembangan perangkat seluler seperti tablet dan telepon pintar yang menjadi semakin populer memiliki dampak nyata pada penjualan laptop Lenovo. Namun, periode ini mudah diatasi oleh Liu Chuanzi sebagai CEO Lenovo. Pada saat itu, Liu Chuanzi meninggalkan posisinya sebagai CEO Lenovo. Tonggak kepemimpinan Lenovo dipegang oleh Yang Yuanqing.

Memperbaiki kondisi Lenovo dari masa-masa sulit dan perubahan kepemimpinan adalah langkah besar bagi masa depan Lenovo. Yang Yuangqing, yang akan ditampilkan dalam sejarah Lenovo sebagai CEO kedua perusahaan, telah membawa angin baru bagi perusahaan. Dia membuat perubahan pada tubuh Lenovo sehingga Lenovo kembali menjadi pemenang. Hasil Lenovo memiliki pendapatan yang cukup bagus. Juga pada tahun 2013, beberapa lembaga penelitian seperti IDC (International Data Corporation) dan Gartner menyatakan bahwa pangsa pasar Lenovo telah meningkat mencapai 17,6. Inilah yang kemudian dianggap Lenovo sebagai produsen perangkat PC terbesar di dunia.

Akuisisi Mobilitas Motorola


Lenovo dianggap sebagai perusahaan perangkat PC terbesar, tetapi untuk pangsa pasar seluler, perusahaan ini masih merugi. Bahkan Lenovo tidak putus asa. Perusahaan berusaha meningkatkan kualitas produknya untuk perangkat seluler. Salah satu strategi yang hampir menarik perhatian dunia adalah akuisisi Motorola Mobility, perusahaan terkemuka yang dibeli oleh Google sejak 2012. Langkah ini diambil oleh Lenovo pada awal 2014. Akuisisi Motorola Mobility oleh Google adalah langkah besar bagi Lenovo untuk meningkatkan perang melawan perangkat mobile, terutama smartphone yang semakin sulit. Akuisisi Motorola sendiri merupakan rekor Lenovo terbesar kedua sejak akuisisi IBM sembilan tahun lalu.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter