Ads 720 x 90

Komputer


Komputer
sumber : pixabay

Komputer adalah alat yang digunakan untuk memproses data sesuai dengan prosedur yang dirumuskan. Kata komputer pada awalnya digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa bantuan, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan ke mesin itu sendiri. Awalnya, pemrosesan informasi hampir secara eksklusif terkait dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern digunakan untuk banyak kegiatan non-matematika.

Dalam pengertian ini, ada alat-alat seperti aturan bergulir, jenis kalkulator mekanik mulai dari sempoa dan seterusnya, untuk semua komputer elektronik modern. Istilah terbaik yang cocok untuk arti luas, seperti "komputer", adalah "pemrosesan informasi" atau "sistem pemrosesan informasi". Selama bertahun-tahun telah ada beberapa makna dalam kata "komputer" dan beberapa kata yang berbeda sekarang disebut komputer.

Kata komputer umumnya digunakan untuk mendefinisikan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin bantu. Menurut Kamus Ringkas Etimologi Barnhart, kata itu digunakan dalam bahasa Inggris pada 1646 sebagai kata untuk "yang penting", dan kemudian sebelum 1897 juga digunakan sebagai "perhitungan mekanis". Selama Perang Dunia II, kata tersebut merujuk pada pekerja wanita Amerika dan Inggris yang pekerjaannya membuka jalan bagi perang artileri dengan mesin hitung.

Charles Babbage merancang salah satu mesin perhitungan pertama yang disebut mesin analisis. Lebih lanjut, dapat dikatakan bahwa berbagai peralatan mesin sederhana, seperti aturan geser, adalah komputer.

Penggunaan komputer


Komputer digital pertama berukuran besar dan membutuhkan biaya produksi yang tinggi. Komputer pada waktu itu umumnya digunakan untuk membuat perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer Amerika pertama, awalnya dirancang untuk menghitung tabel senjata balistik (artileri), menghitung kepadatan penampang neutron untuk melihat apakah bom hidrogen berfungsi dengan baik (perhitungan ini dilakukan pada Desember 1945 - Januari 1946 dan melibatkan lebih banyak lagi dari satu juta kartu punch yang menunjukkan formulir sebelumnya yang diperiksa akan gagal). CSIR Mk 1 / CSIRAC, komputer Australia pertama, sedang mengevaluasi model curah hujan untuk tempat penampungan di Snowy Mountains, sebuah proyek pembangkit listrik tenaga air utama. Itu juga digunakan dalam cryptanalysis, misalnya, komputer elektronik digital pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Namun, visioner awal juga percaya bahwa pemrograman akan dapat bermain catur, mentransfer gambar, dan penggunaan lainnya.

Pemerintah dan perusahaan besar juga menggunakan komputer untuk mengotomatisasi banyak data dan melakukan kegiatan yang sebelumnya dilakukan oleh orang-orang, misalnya dengan memelihara dan memperbarui akun dan inventaris. Di bidang pendidikan, peneliti di berbagai bidang sudah mulai menggunakan komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat komputer dapat digunakan untuk organisasi yang lebih kecil. Perusahaan, organisasi, dan administrasi publik sering menggunakan banyak komputer kecil untuk melakukan tugas yang sebelumnya dilakukan oleh komputer dengan bingkai kepala besar dan mahal. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu tempat disebut server.

Dengan penemuan mikroprosesor pada 1970-an, menjadi mungkin untuk membuat komputer yang sangat murah. PC telah menjadi populer di banyak bisnis, termasuk pengarsipan buku, penulisan dokumen, dan pencetakan. Prakiraan dan matematika berulang lainnya dengan dokumen tersebar yang terkait dengan email dan Internet. Namun, ketersediaan tinggi komputer dan komputer yang mudah disesuaikan dapat digunakan untuk banyak pekerjaan lain.

Pada saat yang sama, ditemukan bahwa komputer kecil, yang biasanya mengatur program, menggunakannya pada perangkat lain, seperti peralatan rumah tangga, mobil, pesawat terbang dan peralatan industri. Prosesor perendaman lebih mudah mengontrol perilaku perangkat tersebut, memungkinkan perilaku kontrol yang lebih kompleks (untuk kecelakaan, pengembangan sistem pengereman anti-kunci di mobil). Pada awal abad ke-21, sebagian besar peralatan listrik, mode bermotor, dan batas produksi pabrik dikendalikan oleh komputer. Kebanyakan insinyur berharap ini terus berkembang.

Jenis Komputer


Namun, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya dapat mempertimbangkan satu atau lebih fitur. Ketika mempertimbangkan komputer modern, fitur yang membedakan mereka dari komputer sebelumnya adalah bahwa dengan pemrograman yang tepat, semua komputer dapat meniru fitur apa pun (meskipun mungkin dibatasi oleh kapasitas dan kecepatan penyimpanan yang berbeda) dan ya, ya, mesin sekarang dapat meniru perangkat komputer yang orang akan ciptakan di masa depan (bahkan jika mereka lebih lambat). Di satu sisi, batasan kapasitas ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "untuk tujuan umum" dari alat khusus sebelumnya. Definisi "tujuan umum" dapat dirumuskan dalam keadaan di mana sebuah mesin harus dapat meniru mesin Turing universal. Mesin yang mencapai definisi ini dikenal sebagai Turing-complete dan muncul untuk pertama kalinya pada tahun 1940 di tengah perkembangan yang padat di seluruh dunia. Lihat artikel Sejarah Komputer untuk detail lebih lanjut selama ini.

Komputer bawaan


Sekitar 20 tahun yang lalu, banyak peralatan rumah tangga, terutama panel video game, juga termasuk telepon seluler, VCR, PDA, dan sejumlah besar peralatan rumah, industri, mobil dan elektronik lainnya, yang semuanya mengandung sirkuit elektronik seperti komputer lengkap Turing di atas (dengan perhatikan bahwa program untuk alat ini sering dibuat langsung dalam chip ROM yang perlu diganti untuk mengubah program mesin). Tujuan spesifik dari komputer lain umumnya dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer yang disematkan" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak membatasi definisi komputer untuk perangkat yang tujuan utamanya adalah pemrosesan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar, seperti telepon, microwave atau pesawat terbang, dan dapat diubah untuk tujuan yang berbeda oleh pengguna. tanpa perubahan fisik. Frame komputer utama, komputer mini dan PC adalah jenis utama komputer yang mendapatkan definisi ini.

Komputer pribadi


Komputer pribadi atau komputer pribadi (PC) adalah istilah untuk komputer yang banyak dikenal orang pada umumnya, karena banyak orang yang tidak mengenal bentuk komputer selain komputer pribadi. Hanya beberapa orang yang menggunakan istilah ini hanya untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan akurat.

Komputer pribadi pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1980 oleh mendiang Eddy Liew, pendiri Dragon Computer & Communication melalui merek Inggris Sinclair.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter