sumber
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

sumber

Ar-Blogger
Kamis, 26 September 2019

Hewlett-Packard (HP)
sumber : wikimedia
Hewlett-Packard Company NYSE: HPQ, umumnya dikenal sebagai HP, adalah salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia. Hewlett-Packard dibangun oleh dua orang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard. Berkantor pusat di Palo Alto, California, AS, perusahaan ini memiliki kehadiran global dalam bidang komputasi, percetakan dan pencitraan digital dan juga menjual perangkat lunak dan layanan lainnya.

Serba Serbi


Ketika mereka ingin menamai perusahaan mereka, Bill Hewlett dan Dave Packard melemparkan koin untuk menentukan nama yang akan digunakan, baik Hewlett-Packard dan Packard-Hewlett. Setelah melihat namanya, dia sekarang adalah Hewlett-Packard, meskipun pemenang koin BUKAN Bill Hewlett tetapi Dave Packard.

Sejarah


Salah satu pendiri bisnis Hewlett Packard adalah William R. Hewlett. Hewlett lahir pada 20 Mei 1913 di Ann Arbor, Mich. Pada tahun 1939, Hewlett mendirikan perusahaan Hewlett-Packard (HP) dengan David Packard, yang meninggal pada tahun 1996.

Perusahaan ini didirikan hanya dengan modal awal sebesar $ 538. Nama Hewlett-Packard jelas berasal dari nama masing-masing. Di Hewlett-Packard Company, Hewlett memegang sejumlah posisi penting. Namun sejak 1978, Hewlett telah mengundurkan diri sebagai CEO.

Selama studinya, Hewlett menerima beberapa gelar dari berbagai universitas. Pada tahun 1934, Hewlett menerima gelar B.A (Sarjana Seni) dari Universitas Stanford. Dia memperoleh gelar master dalam bidang teknik listrik dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1936. Dan tiga tahun kemudian, Hewlett memegang gelar dalam bidang teknik dari Universitas Stanford. Perhatikan juga bahwa Hewlett adalah orang yang menerima 13 gelar kehormatan dari berbagai universitas.

Saat belajar di Universitas Stanford, dia bertemu David Packard, yang akhirnya menjadi teman baik Hewlett. Karier Hewlett mungkin menarik. Selama Perang Dunia II, Hewlett bekerja di Angkatan Darat Amerika Serikat. Selama masa jabatannya di militer A.S., Hewlett dimasukkan dalam tim inspeksi industri Jepang di akhir tanggal 2. Perang Dunia. Pada tahun 1947, setelah kembali dari posisinya, Hewlett pergi ke Palo Ato.

Dia mulai bekerja untuk perusahaan yang ia dirikan bersama David Packard, dan melayani sebagai wakil presiden di Hewlett-Packard. Perusahaan. Pada tahun 1957 ia adalah Wakil Presiden Eksekutif. 7 tahun kemudian, Hewlett adalah presiden HP. Pada 1969, ia adalah CEO. Hewlett memegang posisi ini selama 9 tahun. Pada 1978 ia mengundurkan diri dari posisinya.

Hewlett adalah orang yang mendedikasikan hidupnya untuk memajukan sains dan teknologi. Pada tahun 1985, Presiden AS Ronald Reagan memberikan Medali Sains Nasional kepada William R. Hewlett untuk layanan pengembangan sains dan teknologinya. Penghargaan yang diterima Hewlett adalah penghargaan ilmiah tertinggi di Amerika. Hewlett juga orang yang memiliki minat dalam masalah pendidikan, kesehatan dan sosial. Dia telah bekerja secara luas di berbagai institusi, seperti Stanford Medical Center, Rumah Sakit Kaiser Foundation, Carnegie Institution of Washington dan Washington Council of Abuses.

William R. Hewlett meninggal pada 12 Januari 2001 pada usia 87. Namun, nama Hewlett akan selalu diingat oleh banyak orang karena perusahaan yang ia dirikan bersama David Packard adalah salah satu perusahaan terbaik di dunia yang berurusan dengan IT (Teknologi Informasi). Hewlett-Packard secara produktif menciptakan berbagai alat, seperti Personal Digital Assistants (PDA), printer, komputer, dan lainnya. Saat ini, produk Hewlett-Packard banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.