Ads 720 x 90

Bukalapak

sumber : bukalapak

 Bukalapak adalah bisnis e-commerce / pasar online di Indonesia (juga dikenal sebagai rantai toko online) yang dijalankan oleh PT. Bukalapak.com sejak 2010. Bukalapak telah menjadi salah satu dari 4 startup yang bernilai lebih dari $ 1 miliar dari Indonesia pada 2017. Pada peringatan 9 tahun Bukalapak, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berpartisipasi .

Sejarah


Bukalapak didirikan pada 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid dalam pensiun  saat belajar di Institut Teknologi Bandung. Pengemudi pertama kemajuan Bukalapak adalah ketika tren pengguna sepeda pada 2010 tumbuh. Pada saat itu, banyak komunitas menjual berbagai sepeda dan aksesoris dengan harga terjangkau untuk menghidupkan dan secara signifikan meningkatkan pertumbuhan pengguna di Bukalapak.

Pendanaan

Setelah berdiri sekitar satu tahun, Bukalapak menerima modal tambahan dari Batavia Incubator (usaha patungan dengan Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Inkubator Jepang, dan Grup Corfina). Pada 2012, Bukalapak menerima investasi tambahan dari GREE Ventures, yang dipimpin oleh Kuan Hsu. Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi di Aucfan, IREP, 500 Startup dan GREE Ventures. Dari laporan keuangan 2015 untuk EMTEK (pemilik 49% saham Bukalapak), diketahui bahwa Bukalapak telah menerima dana investasi dari EMTEK dengan total Rp 434 miliar.

Pendiri


Achmad Zaky


Achmad Zaky (lahir di Sragen, Jawa Tengah, 24 Agustus 1986) adalah pendiri dan telah memegang posisi CEO (CEO) Bukalapak sejak 2010. Zaky memegang gelar dalam bidang ilmu komputer dengan pujian dari Institut Teknologi Bandung. Pada tahun 2016, Zaky Satyalancana Wira Karya menerima penghargaan kehormatan dari Presiden Indonesia, Ir. Joko Widodo. Tanda kehormatan ini adalah pengakuan negara yang dianugerahkan oleh Presiden atas pelayanannya dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

Muhammad Fajrin Rasyid


Muhammad Fajrin Rasyid (lahir di Jakarta, 11 September 1986) adalah Co-Founder dan Presiden Bukalapak, yang bertanggung jawab atas inisiatif strategi perusahaan dan rencana jangka panjang serta kemitraan dengan pihak eksternal. Sebelumnya, Fajrin memegang posisi Chief Financial Officer (CFO) Bukalapak selama tujuh tahun. Muhammad Fajrin Rasyid menempuh pendidikan di bidang Teknik Komputer, Institut Teknologi Bandung (IPB) dengan IPK 4,0

Nugroho Herucahyono

Nugroho Herucahyono (lahir di Karanganyar, 7 Maret 1987) adalah salah satu pendiri dan Chief Technology Officer (CTO) Bukalapak. Seperti Zaky dan Fajrin, Nugroho juga memegang gelar dalam bidang teknik komputer dari Institut Teknologi Bandung

Kontroversi


Pada 13 Februari 2019, akun Twitter pribadi Achmad Zaky untuk Industry 4.0, merujuk pada presiden baru, menjadi viral. Dengan demikian, gerakan #uninstallbukalapak lahir, yang juga menjadi topik tren di Twitter.  Ia tidak menyebutkan sumber data yang ia gunakan untuk membandingkan anggaran, tetapi warga menuduhnya merujuk pada data dari tahun 2013 dan menggunakannya untuk 2016. Sekarang pasukannya dibatalkan dan meminta maaf atas pernyataan tersebut. Achmad Zaky juga bertemu Jokowi untuk menyelesaikan masalah kepala dingin.

Pada Maret 2019, data Bukalapak diserang oleh peretas Pakistan. Namun, Bukalapak membenarkan bahwa tidak ada informasi konsumen pribadi yang dicuri.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter