Manfaat seledri dan kandungannya

B4school - Daun seledri dikenal sebagai salah satu sayuran yang digunakan untuk memasak didapur. Tanaman hijau ini ternyata sangat kaya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Ada beberapa manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh. Selain itu manfaat seledri juga bisa menurunkan berat badan untuk mencegah kanker? Sebagimana dilansir liputan6 yang dirangkum dari juicingwithg, pada hari Kamis, 25 Juli 2019.

Daun seledri kaya akan antioksidan yang meliputi vitamin C, mangan, dan beta-karoten. Tubuh Anda membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas memasuki tubuh. Salah satu cara mengonsumsi seledri.

Daun hijau ini juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meringankan gejala nyeri sendi. Kandungan senyawa dalam seledri dapat bertindak sebagai obat untuk meredakan peradangan dari efek berbagai penyakit, seperti gejala radang sendi, rematik dan radang sendi.

Anda bisa menambahkan daun seledri sebagai suplemen ke dapur atau mengolahnya menjadi jus. Jika tidak menyukai rasanya saat membuat jus, daun  seledri bisa menambahkan jus buah atau lemon ke jus seledri.

Meningkatkan kesehatan jantung


Seledri juga mampu meningkatkan kesehatan jantung tubuh Anda. Seledri memiliki kadar kalsium, magnesium, kalium dan vitamin K yang tinggi, sehingga dapat memiliki efek yang baik pada kesehatan jantung.

Kalsium bertanggung jawab atas kontraksi otot jantung setiap kali ia menyerang. Sementara magnesium dan potasium bekerja untuk membuat otot-otot jatung lebih rileks. Jika Anda kehilangan salah satu mineral ini, itu berisiko terkena serangan jantung atau stroke.

Selain itu, potasium juga memainkan peran penting dalam sistem kardiovaskular dan membantu mengurangi cairan ekstra dalam tubuh dan meningkatkan tekanan darah seseorang. Kandungan vitamin K dalam seledri mampu menahan arteri dan vena yang menghantar darah yang dipompa ke seluruh tubuh agar berfungsi optimal.

Menurunkan kolesterol


Manfaat seledri selanjutnya adalah dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan phthalides dalam seledri diketahui mampu mengurangi kadar lemak dalam darah.

Serat seledri juga membantu mengikis kolesterol jahat dari aliran darah yang keluar saat buang air besar. Anda bisa mengonsumsi seledri untuk membuat tubuh Anda terhindar dari kolesterol jahat.

Caranya bisa mencuci 30 gram seledri merah sampai bersih dari tanah dan kotoran. Kemudian, akarnya direbus dalam dua gelas air murni hingga tersisa hingga satu gelas. Dinginkan dan minum airnya untuk mendapatkan manfaatnya.

Pencegahan dan pengobatan kanker


Ternyata seledri juga bisa mengobati dan mencegah berbagai kanker. Sifat antiinflamasi, antioksidan tinggi dan kandungan apigenin dan luteolin flavanoid dalam seledri mampu mencegah sayuran dan melawan sel kanker.

Berbagai bahan ini memainkan peran penting dalam menyembuhkan orang dengan kanker usus besar, pankreas, paru-paru atau payudara. Obat apigenin juga dapat merusak sel kanker agresif untuk pasien dengan kanker pankreas.

Anda bisa makan seledri dengan memakannya langsung sebagai camilan, mencampurkannya untuk bubur atau sup dan bisa memperlakukannya dengan jus seledri.

Mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi


Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko penyakit jantung koroner yang dialami banyak orang. Seledri juga memiliki peran untuk membantu kondisi Anda pulih dan menghindari tekanan darah tinggi ini.

Dalam seledri, ada kandungan phthalides yang membantu melemaskan jaringan dinding arteri sehingga aliran darah berjalan lancar. Konten ini juga dapat mengurangi tekanan darah.

Anda bisa mengonsumsi empat batang seledri karena rendah garam dan dapat mengobati tekanan darah tinggi.

Menurunkan berat badan


Kandungan serat yang tinggi dalam seledri bisa membuat siapa pun merasa lebih lama. Inilah yang memungkinkan seledri menurunkan berat badan melalui campuran seledri dalam makanan yang membuat siapa pun tidak mudah lapar.

Seledri juga memiliki kandungan kalori rendah yang menyebabkan seseorang makan banyak tanpa menambah berat badan. Sayuran ini juga kaya akan nutrisi penting dan membantu mengatur metabolisme lemak, sehingga mungkin menjadi makanan pilihan Anda untuk menurunkan berat badan.

Seledri juga memiliki antioksidan, elektrolit, vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B dan kalium, dengan kalori yang sangat sedikit. Anda bisa mengkonsumsinya dengan mengolahnya menjadi jus atau hidangan harian komplementer.

0 Response to "Manfaat seledri dan kandungannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel