Ads 720 x 90

Youtube

YouTube adalah situs berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. Berkantor pusat di San Bruno, California, perusahaan ini menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai pembuat / konten video buatan pengguna, termasuk film, klip TV, dan video musik. Selain itu, situs ini juga berisi konten amatir seperti blog video, video orisinil pendek, dan video pendidikan.

Sebagian besar konten di YouTube diunggah oleh swasta, meskipun perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu dan organisasi lain telah mengunggah materi mereka di situs ini sebagai bagian dari Program Kemitraan YouTube. Pengguna yang tidak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tidak terbatas. Video yang dianggap konten ofensif hanya dapat dilihat oleh pengguna terdaftar yang berusia di atas 18 tahun. Pada bulan November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google sebesar $ 1,65 miliar dan secara resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Sejarah Youtube


YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim, yang sebelumnya adalah karyawan PayPal pertama. Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois di Urbana-Champaign.

Menurut cerita yang berulang kali dipublikasikan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide tentang YouTube pada awal 2005, setelah mengalami kesulitan berbagi video makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak untuk mengizinkan pesta berlangsung, sementara Chen berkomentar bahwa ide untuk YouTube yang lahir setelah makan malam "tampaknya didukung oleh metode pemasaran yang berfokus pada pembuatan cerita yang mudah dicerna oleh konsumen".

YouTube dimulai sebagai perusahaan teknologi pemula yang didanai oleh investasi $ 11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. [10] Kantor pertama YouTube terletak di atas restoran dan restoran pizza Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005, dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menunjukkan salah satu pendiri Jawed Karim di Kebun Binatang San Diego. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih tersedia di situs ini hari ini.

YouTube menawarkan pengujian beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resminya pada November 2005. Pertumbuhan situs meroket, dan pada Juli 2006, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap hari dan situs tersebut menerima 100 jutaan kunjungan video sehari. Menurut data yang dikumpulkan oleh perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video online terkemuka di AS dengan pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada Mei 2010. YouTube mengklaim memuat sekitar 60 jam dari total video setiap menit dan tiga perempat bahannya berasal dari luar Amerika Serikat. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulan. Diperkirakan pada 2007, YouTube menggunakan broadband yang sama dengan seluruh Internet pada 2000. Alexa memberi peringkat YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet setelah Google dan Facebook.

Memilih nama www.youtube.com menimbulkan masalah dengan situs dengan nama yang mirip, www.utube.com. Pemilik situs web, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan gugatan terhadap YouTube pada November 2006 setelah situs tersebut dibanjiri oleh pengunjung yang ingin mencari YouTube. Sejak itu, Universal Tube telah mengubah nama situs webnya menjadi www.utubeonline.com. Pada Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan telah membeli saham YouTube senilai $ 1,65 miliar. Perjanjian ini ditandatangani pada 13 November 2006. Google tidak memberikan informasi terperinci tentang biaya operasi YouTube, dan pendapatan YouTube pada 2007 ditulis "tidak relevan" dalam mengisi formulir wajib. Pada Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube pada 2008 sebesar $ 200 juta setelah mengamati tren penjualan iklan. [28] Pengunjung YouTube menghabiskan rata-rata 15 menit sehari untuk menonton video di sana, dibandingkan dengan 4-5 jam sehari yang digunakan oleh orang Amerika biasa di televisi.

YouTube menyelidiki kolaborasi pemasaran dan periklanan dengan NBC pada Juni 2006. Pada November 2008, YouTube menandatangani perjanjian dengan MGM, Lions Gate Entertainment dan CBS, yang memungkinkan mereka untuk mengunggah film lengkap dan episode TV di situs ini, bersama dengan kotak iklan penerima tertentu. Amerika Serikat disebut "pertunjukan". Tindakan ini bertujuan untuk menciptakan persaingan dengan situs-situs seperti Hulu, yang menyimpan materi dari NBC, Fox dan Disney. Pada bulan November 2009, YouTube meluncurkan "Shows" untuk pemirsa di Inggris dan menawarkan sekitar 4.000 acara lengkap dari 60 mitra. Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan penyewaan film online yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di AS, Kanada, dan Inggris. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.

Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai memposting beberapa konten secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Liga Premier India. Menurut YouTube, ini adalah siaran pertama acara olahraga internet gratis utama di dunia.

Pada 31 Maret 2010, YouTube meluncurkan desain situs web baru untuk tujuan menyederhanakan antarmuka dan menambah waktu yang dihabiskan pengguna di situs ini. Shiva Rajaraman, Manajer Produk Google, berkomentar: "Kami merasa perlu untuk mengambil langkah mundur dan mengurus semuanya". Pada Mei 2010, YouTube dilaporkan menyiarkan lebih dari dua miliar video sehari, sebuah angka yang dianggap "hampir dua kali lebih tinggi dari pemirsa di tiga jaringan televisi AS terbesar." Pada Mei 2011, YouTube melaporkan di blog perusahaannya bahwa situs ini menerima lebih dari tiga miliar hit sehari. Pada Januari 2012, YouTube melaporkan bahwa jumlahnya meningkat menjadi empat miliar sehari.

Pada Oktober 2010, Hurley menyatakan akan mengundurkan diri sebagai CEO YouTube dan menjadi konsultan bisnis. Salar Kamangar mengambil alih perusahaan ini.

Pada April 2011, James Zern, seorang insinyur perangkat lunak YouTube, mengungkapkan bahwa 30 persen video di YouTube menyumbang 99 persen dari kunjungan ke situs ini.

Pada November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan browser web YouTube dan Chrome untuk memungkinkan video YouTube untuk dilihat di Google+. Pada Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru. Saluran video muncul di kolom tengah halaman utama, seperti halnya umpan berita di situs jejaring sosial. Pada saat yang sama, versi baru dari logo YouTube dipasang dengan warna merah yang lebih gelap. Ini adalah perubahan desain pertama mereka sejak Oktober 2006. (Wikipedia)

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter